Beranda > Fisika SMP > Bidang Miring

Bidang Miring

Sebuah bidang miring menurunkan gaya yang dibutuhkan untuk menaikkan benda ke tempat tinggi dengan menambah jarak pemberian gaya yang harus diberikan ke posisi tujuan.

Bidang miring biasa digunakan pada alat pemotong dan sering menggabungkan dua bidang miring dalam bentuk baji. Dalam baji, gerak maju diubah menjadi gerakan pemisahan yang tegak lurus terhadap ke wajah kapak. Resleting adalah sebuah kombinasi dari dua baji yang rendah untuk menutup dan baji atas untuk membuka.

Bidang miring biasa digunakan pada alat pemotong dan sering menggabungkan dua bidang miring dalam bentuk baji. Dalam baji, gerak maju diubah menjadi gerakan pemisahan yang tegak lurus terhadap ke wajah kapak. Resleting adalah sebuah kombinasi dari dua baji yang rendah untuk menutup dan baji atas untuk membuka.

bidang miring 1

Sekrup pada dasarnya adalah bidang miring yang dibungkus disekitar tabung. Dalam sebuah bidang miring, gaya lurus di bidang horizontal diubah menjadi gaya “angkat “vertikal. Dengan sekrup, gaya putar pada bidang horizontal diubah menjadi gaya “angkat “vertikal.

Ketika sekrup kayu diputar, ulir sekrup mendorong kayu. Sebuah gaya reaksi dari kayu mendorong kembali ulir sekrup dan dengan cara ini sekrup bergerak turun meskipun kekuatan memutar sekrup ada pada bidang horisontal. Sekrup dikenal karena gesekan yang tinggi,itulah sebabnya mereka digunakan untuk menempelkan sesuatu. Sebuah bor juga merupakan bidang miring.

About these ads
Kategori:Fisika SMP
  1. Vira
    26 Februari 2011 pukul 16:44

    minta rumus matematis nya dong !!
    pliss minta scepatnya yah !! soal nya ini buat tugas !!
    makasih ^^

  2. masdiisya
    1 Maret 2011 pukul 22:06

    jika
    w=berat benda
    s = jarak bidang miring
    h = tinggi bidang miring
    F= gaya yg dibutuhkan untuk mendorong benda
    maka persamaan bidang miring
    w x h = F x s
    semoga berguna …thx

  3. maria manisa hergretha putri
    7 Maret 2011 pukul 22:40

    tolong dong kasih soal dan cara penyelesaiannya yang cepat, buat latihan UN, ( kirim diemail saja ea , makasih :) )

  4. 14 Maret 2011 pukul 19:24

    Mau tanya, Bidang miring itu pake a gak (read: a=kecepatan) Tolongg ya, Mau Ulangan niihhh -_-

  5. masdiisya
    15 Maret 2011 pukul 11:12

    @maymay
    dalam artikel ini hanya dibahas usaha pada bidang miring, kalo untuk percepatan a pada bidang miring berarti dibahas dinamikanya. kamu bisa pake rumus F = ma (a adalah percepatan bukan kecepatan)
    dengan a (sumbu x) = g sin theta…
    dimana theta adalah sudut yang dibentuk bidang miring
    oke…mudah2an membantu

  6. Andre
    25 Agustus 2011 pukul 11:39

    ada gk rumus ny

  7. chrchr
    15 Oktober 2011 pukul 12:33

    rumus nyaa ?

  8. ima
    27 Oktober 2011 pukul 05:15

    thax rumursnya,.
    Benere” bantu aku

  9. haryati
    11 Desember 2011 pukul 19:14

    tolong donk bwt in persamaan kecepatan dan percepatan pada bidang miring

  10. 13 Februari 2012 pukul 20:39

    F= m.g.sin a
    N= m.g.cos a

    untuk bidang kasar
    w-fk = m.a
    m.g.sin a – Mk. m.g. cos a = m. a
    a= g sin a- Mk. g. cos a

    note: Mk= koefisien gesekan

  11. 28 Februari 2012 pukul 13:02

    apaan ini gk jelasss hhhh desooo
    asdkru88%6%^$%#$#%&^-^NJKG>_<

  12. Desti
    14 Mei 2012 pukul 09:03

    ad RPP ttg percepatan benda pada bidang miring gax…???

  13. laila
    19 November 2012 pukul 04:46

    tuliskan persamaan bidang miring dengan baji donk,,,,
    pr nih please,,,,,

  14. laila
    19 November 2012 pukul 05:03

    “bidang miring”
    jika
    l = 5m
    m = 100g
    Fk = 200 N
    g = 10 m/s2
    tentukan h……?

    bantu donk please,,,,

  15. masdiisya
    19 November 2012 pukul 13:17

    laila :

    tuliskan persamaan bidang miring dengan baji donk,,,,
    pr nih please,,,,,

    Prinsip pertama: baji adalah contoh bidang miring.
    Prinsip kedua: baji adalah dua bidang miring yang disatukan.
    Maka untuk persamaan keuntungan mekanik (KM) baji
    pasti 2 kali dari KM bidang miring.
    Pers. matematikanya:
    KM Baji = 2 kali KM Bidang miring
    KM Baji = 2 x (panjang bidang miring/tinggi vertikal bidang miring)
    misal = panjang bidang miring = l
    tinggi vertikal bidang miring = h,
    maka
    KM Baji = 2 x (l/h)

  16. masdiisya
    19 November 2012 pukul 14:02

    laila :

    “bidang miring”
    jika
    l = 5m
    m = 100g
    Fk = 200 N
    g = 10 m/s2
    tentukan h……?

    bantu donk please,,,,

    waduh…harus ada gambar nih…
    hmmm…bayangkan aja ada bidang miring dengan sudut hipotenusa (90 derajat) di titik C.
    Titik B, titik di sebelah kiri titik C, dan titik A ada di atas vertikal titik C. Kebayangkan!? ato digambar aja dulu.
    Misal Fk adalah gaya kuasa untuk mengangkat benda yang sepanjang bidang miring dari B ke A ( misal panjangnya l), ketika sebuah benda/beban (dengan berat w) naik ke tinggi secara vertikal AC (atau h atau tinggi saja).
    maka:
    usaha yang dilakukan pada bidang miring = Fk x AB …ini jadi input mesin
    usaha yang dilakukan oleh bidang miring = w x AC …ini jadi output mesin
    prinsip mesin, input = output
    maka
    Fk x AB = w x AC
    maka
    w/FK = AB/AC
    dengan
    AB = l ; dan AC = h
    maka
    (w/Fk) = l/h

    sekarang dipake ke soal di atas
    w/Fk = l/h
    (mxg)/ 200 N = 5 m/h
    (100 g .10 m/s^2)/ 200 N = 5/h
    —-100 g = 0,1 kg—
    1/200 = 5/h
    h x 1 N = 5 m x 200 N
    h= 1.000 m ??? atau 1 km ???

    Dari pernyataan di atas artinya, untuk mengangkat benda 1 N ( atau 100 g) ke ketinggian 5 m di atas tanah dengan gaya kuasa 200 N dibutuhkan panjang bidang miring 1 km.

    Secara perhitungan benar tapi secara praktis tidak menggambarkan kegunaan bidang miring. Masa ada panjang bidang miring (biasanya papan kayu atau papan besi) sepanjang 1 km??? dan KM bidang miring tersebut = l/h = 5 m/1000m =0,005 (yang kecil sekali)
    Jadi, soal ini sangat tidak kompeten (atau bahasa kerennya soal “ngayal”).
    Faktor soal “ngayal” di atas adalah gaya kuasanya terlalu besar. Seharusnya gaya kuasanya lebih kecil daripada beban yang akan diangkat. Karena kita ingin gaya kuasa sekecil-kecilnya untuk dapat mengangkat beban seberat-beratnya, dan itulah gunanya belajar mesin sederhana. …sekian…takut kepanjangan :D

  17. rhe
    21 Januari 2013 pukul 22:11

    kok gak ada perbedaannya

  18. SehunGF
    4 Februari 2013 pukul 19:18

    hai kakak ^^ webnya sangat membantu….. <3 makasih "))

  19. 8 Februari 2013 pukul 22:40

    rumus yg secara detail..dah tlong beri contoh

  20. Naila
    18 Februari 2013 pukul 19:34

    Apakah Perbedaan Bidang Miring dan Baji???
    PLease JwB Ini PR…

  21. Naila
    18 Februari 2013 pukul 19:34

    Untuk Ulangan bsk plese jwb….
    #PLease.. Kak

  22. 19 Februari 2013 pukul 08:34

    @Naila
    Baji dibangun dari 2 bidang miring yang disatukan. Jadi, perbedaannya dengan bidang miring, baji memiliki 2 kali keuntungan mekanis dari bidang miring yang membentuknya

  23. 21 Maret 2013 pukul 10:08

    kecepatan untuk bidang miring bagaimana?

  24. 25 April 2013 pukul 14:47

    ge mna ccra mudah supaya mudah dlm mngerjakn soal gerak benda pada bidang miring.

  25. l
    1 Mei 2013 pukul 12:55

    Hi there! This blog post could not be written much better!
    Looking at this article reminds me of my previous roommate!
    He always kept talking about this. I most certainly will send this post to him.
    Fairly certain he’s going to have a very good read. Thanks for sharing!

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: