Beranda > Fisika > Kuis Fisika (5) -berhadiah pulsa

Kuis Fisika (5) -berhadiah pulsa

Jika kita berada di dalam ruangan terutup dan menyalakan kipas angin, maka akan menaikkan sedikit demi sedikit suhu kamar. Angap tidak ada kalor yang masuk dan keluar.

Benar atau salah ???

Isikan jawaban kamu pada komentar disertai penjelasannya. Jawaban yang tepat akan mendapatkan pulsa 50 ribu untuk satu orang.

Jangan lupa sertakan email atau surel setiap mengisikan komentar agar bisa dihubungi untuk konfirmasi hadiah. Nomor hape belakangan saja.

Ayo kapan lagi  bisa menguji hasil belajarmu!?

Ditunggu sampai 30 November 2010!

About these ads
Kategori:Fisika
  1. Evy
    8 November 2010 pukul 20:37

    Menurut saya nih jawabannya benar,. Alasannya klo kipas anginnya diputerin dalam ruang tertutup maka keringat yang berlelehan di badan (karena ruangan tertutup nih pastinya panas banget,,jadi keringat pun mengucur banyak) akan diuapkan oleh angin yang berasal dari kipas angin. Akibatnya ruangan tertutup itu menjadi lebih lembab karena banyaknya uap air. Sehingga, suhu kamar akan meningkat (klo g salah nih suhu dan kelembaban berbanding lurus deh)dan terasa lebih gerah dan panas,.

  2. Evy
    8 November 2010 pukul 20:41

    Menurut saya nih jawabannya benar,. Alasannya klo kipas anginnya diputerin dalam ruang tertutup maka keringat yang berlelehan di badan (karena ruangan tertutup nih pastinya panas banget,,jadi keringat pun mengucur banyak) akan diuapkan oleh angin yang berasal dari kipas angin. Akibatnya ruangan tertutup itu menjadi lebih lembab karena banyaknya uap air. Sehingga, suhu kamar akan meningkat (klo g salah nih suhu dan kelembaban berbanding lurus deh)dan terasa lebih gerah dan panas,. ,.

  3. ghanesta
    9 November 2010 pukul 08:47

    Menurut saya,jawabannya tepat,karena energi yang dihasilkan akan terperangkap dalam kamar sehingga sedikit demi sedkit suhu kamar juga akan berubah,walaupun pada dasarnya kipas angin tidak menghasilkan udara atau suhu yang dingin sebagaimana kulkas atau AC,tetapi putaran dan sistem kerjanya mirip dengan kerja dari kedua peralatan tersebut(AC dan kulkas).

  4. masdiisya
    10 November 2010 pukul 10:37

    @evy
    bukankah karena panas itulah kita menyalakan kipas?…hayo kasih alasan yg tepat

    @ganesha
    kipas tidak menghasilkan udara ??? masak sih…hayo kasih alasan yg tepat

  5. Kotak hitam
    10 November 2010 pukul 11:45

    Menurut saya benar. Karna energi panas yg dhasilkan oleh putaran motor pada kipas angin akan dsirkulasikan ke seluruh ruangan sehingga sedikit demi sedikit akan menaikan suhu ruangan.

  6. Kotak hitam
    10 November 2010 pukul 19:15

    Menurut saya benar. Karna energi panas dari putaran motor kipas angin, dan kalor yg dkeluarkan tubuh manusia akan disirkulasikan lewat kipas keseluruh ruangan sehingga sedikit demi sedikit akan menaikkan suhu ruangan

  7. masdiisya
    11 November 2010 pukul 13:48

    orang merasakan panas di ruangan, lalu menyalakan kipas listrik biar merasakan dingin….lalu darimana kita merasakan dingin itu??? (mungkin ini soal tambahan..tapi bagi saya penting)

  8. Kotak hitam
    11 November 2010 pukul 14:20

    @maasdiya.
    Apabila suhu kamar lebih rendah dr suhu tubuh, ketika org menyalakan kipas angin maka kalor org tsb dilepas(terjadi pertukaran kalor) akibat hembusan kipas angin. Note: suhu normal tubuh org 34 derjat c, suhu kamar iklim tropis 24 derajat c

  9. masdiisya
    11 November 2010 pukul 17:30

    hmmm…..coba dirangkai jadi penjelasan yang utuh. coba tambahkan dengan kalor lepas menjadi dingin dan evaporasi….kalo benar….hadiah pulsa siap dikirim…:D

  10. Kotak hitam
    11 November 2010 pukul 19:44

    @masdiisya
    apabila suhu kamar lebih rendah dari suhu tubuh orang, maka udara hembusan kipas angin akan mengambil kalor panas dari tubuh orang dan tubuh orang melepas kalor panas ke udara. Proses ini disebut evaporasi. Orang tsb merasa dingin karna melepas kalor panas dan menerima kalor dingin pada tubuh karna ada perbedaan temperatur. Ketika ini terjadi druangan tertutup, maka orang tsb merasa dingin utk sementara (karna perbedaan suhu kamar & tubuh jauh), ketika suhu ruangan naik mendekati atau melebihi suhu tubuh dan motor kipas angin maka yg dirasakan panas. Masih ada yg kurang kah. Mohon dkoreksi.

  11. ahmad
    12 November 2010 pukul 20:29

    Benar. Tubuh menghasilkan panas dari energi pada makanan yang dimakan , jika pada ruangan tertutup maka tak ada perpindahan panas .

  12. taufik
    14 November 2010 pukul 21:30

    benar, dalam ruangan tertutup otomatis tidak ada pertukaran udara sehingga udara dalam ruangan tidak berubah sementara manusia (kita) dalam ruangan butuh bernapas (metabolisme) yang secara langsung menghasilkan CO2 dan mengurangi kadar oksigen dalam rungan secara otomatis panas yang dari metabolisme tsb akan meningkatkan suhu ruangan. disamping itu mesin kipas angin juga menghasilkan kalor dari proses mengubah energi listrik menjadi putaran yang turut menyumbang peningkatan suhu ruangan.

  13. averina aprilia
    16 November 2010 pukul 14:39

    Benar, karena udara panas hanya berputar-putar dalam ruangan. Selain itu mesin kipas angin juga akan mengeluarkan panas, sehingga akan membuat ruangan semakin panas.

  14. Kotak hitam
    17 November 2010 pukul 21:14

    Benar. Motor kipas angin & tubuh orang menghasilkan energi panas yang disirkulasikan oleh hembusan kipas angin. Ketika ini berlangsung terus menerus maka akan menaikkan suhu ruangan mendekati suhu tubuh orang. Pada awalnya hembusan kipas angin terasa dingin karena adanya perbedaan suhu ruangan & suhu tubuh orang sehingga terjadi proses evaporasi dimana kalor dingin kipas angin dserap tubuh & kalor panas tubuh dserap udara. Namun ketika suhu ruangan naik mendekati suhu tubuh akibat proses pertukaran kalor tsb, orang akan merasa panas.

  15. reza
    25 November 2010 pukul 21:56

    benar,
    karena pada ruangan tertutup, partikel udara yg terhembus oleh kipas angin akan membentur benda2 yang berada didalam ruangan, sehingga menghasilkan gaya gesek antara partikel dan benda2 tersebut. gaya gesek ini akan menghasilkan panas, sehingga suhu ruangan menjad panas :D

  16. ridwan
    25 November 2010 pukul 22:14

    saya rasa benar, karena hawa panas yang berasal dari tubuh kita yang dikarenakan pengap nya kamar yang ter tutup akan menyebar ke seluruh ruangan, karena adanya kipas angin

  17. masdiisya
    25 November 2010 pukul 23:53

    gaya gesek dan panas…hmmm menarik…thx bro

  18. masdiisya
    25 November 2010 pukul 23:54

    kamar pengap karena keringat…hmm boleh juga…thx bro

  19. evi
    3 Februari 2011 pukul 16:01

    benar,,, karena dalam ruang tertutup tidak adanya pertukaran udara yang diperlukan untuk membuat suhu di ruangan turun . walaupun kipas angin bisa menurunkan suhu, tpi tanpa adanya celah untuk pertukaran udara, kipas angin malah akan menaikkan suhu.

  20. 15 April 2011 pukul 01:44

    ya, suhu akan naik sedikit demi sedikit hal tersebut terjadi karena energi yang dikelurkan kipas pada kumparan akan menghasilkan kalor, sehingga suhu kamar akan naik sedikit demi sedikit

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: