Beranda > Fisika > Adakah Lensa yang Datar?

Adakah Lensa yang Datar?

Lensa bekerja dari pembiasan sinar pada bagian lengkung depan dan belakang. Bagian tengah gelas berfungsi untuk memisahkan bagian depan dan belakang lensa. Augustine-Jean Fresnel menemukan cara untuk mengakali bagian tengah lensa sehingga datar, tidak cekung atau cembung seperti lensa biasanya.

Lensa Fresnel kita pertama kali digunakan pada tahun 1800-an sebagai lensa yang memfokuskan sinar pada lampu mercusuar. Lensa Fresnel plastik digunakan sebagai alat bantu ketika sebuah lensa, tipis dan ringan dibutuhkan. Kualitas gambar tidak sebagus yang dari lensa kaca biasa, tapi dalam banyak aplikasi, kualitas gambar yang sempurna tidak diperlukan.

Ide dasar dibalik lensa Fresnel sederhana. Bayangkan mengambil gelas plastik lensa pembesar dan mengiris itu menjadi seratus cincin konsentris (seperti lingkaran pohon). Setiap cincin sedikit lebih tipis dari yang lain dan memfokuskan cahaya ke tengah. Sekarang ambil cincin masing-masing, memodifikasinya sehingga datar di satu sisi, dan membuatnya ketebalan yang sama seperti yang lain. Untuk mempertahankan kemampuan cincin untuk memfokuskan cahaya ke tengah, sudut miring wajah setiap cincin akan berbeda. Sekarang jika kita tumpuk semua cincin kembali bersama-sama, maka kita memiliki lensa Fresnel. Kita dapat membuat lensa sangat besar jika suka. Lensa Fresnel besar sering digunakan sebagai pemusat cahaya matahari.

About these ads
Kategori:Fisika
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: