Beranda > Omongin film > Knowing: film alien rasa baru

Knowing: film alien rasa baru

Film: Knowing (7 April 2009, waktu rilis Indonesia)

Sutradara: Alex Proyas

Cast: Nicolas Cage (John Koestler); Chandler Canterbury (Caleb Koestler); Rose Bryne (Diana Wayland); Lara Robinson (Lucinda Embry/Abby Wayland).

Film ini dikenal karena iklannya yang memunculkan serangkain angka-angka acak dan kemudian diketahui angka-angka tersebut memiliki arti terhadap semua kejadian di bumi.

Alur mundur diseting sebagai pilihan pertama adegan film ini. Menarik, bagaimana sebuah kelas Miss Taylor menyuruh anak didiknya untuk menggambarkan bayangan pada masa 50 tahun kemudian. Gambar-gambar itu disimpan dalam time capsul yang dikubur selama 50 tahun, di depan sekolah. But, Lucinda Embry doesn’t draw, she write a random and sequence numbers! Dengan kasih sayang Miss Taylor menegur Lucinda karena kegiatan ini adalah idenya. Sebuah pelajaran tentang menghargai pikiran anak.

Kertas itu, yang penuh dengan deretan angka satu kertas penuh, akhirnya berada di tangan Caleb Koestler yang kini, tahun 2009, bersekolah di sekolah yang sama dengan Lucinda. Ayah Caleb, John menemukan kertas itu dan mulai menguak misteri dari angka-angka tertulis. Karakter John Caleb memerankan sebagai seorang duda dan dosen astrofisika di MIT. …kalo gak tau apa itu astrofisika, yah itu semacam ilmu tentang benda-benda di ruang angkasa menggunakan ilmu fisika… John Caleb memiliki pandangan bahwa apa yang terjadi di jagat raya ini hanyalah sebuah kebetulan semata (randomnes). Karenanya dia tidak percaya the super factor atau Tuhan terkait dengan semua kejadian.

Angka pertama yang John lihat adalah 911012996 atau peristiwa nine eleven atau 9 September 2001 dan 4 digit terakhir adalah angka korban. John mengakuratkan data korban dari sebuah koran melalui internet. Karena seorang saintis dia mencoba semua angka-angka tersebut dengan bencana di semua penjuru dunia dalam 50 tahun terakhir. Ajaib! Angka-angka itu sama. Keajaiban angka-angka itu dibuktikan dengan kejadian yang dialami John ketika akan menjemput Caleb. Sebuah pesawat jatuh di hadapan mata John. Kemudian, John mengetahui bahwa angka-angka itu juga menunjukkan lokasi tempat kejadian (koordinat bumi). Kamu seharusnya lihat adegan ini secara seksama ini, begitu nyata dan dramatis! Begitu juga dengan adegan kecelakaan kereta subway, sangat mencengangkan dan membuat jantung terhenyak! Yang fantastis adegan kereta ini cukup lama!!!

Bagi John semua peristiwa tidak mungkin sudah “dituliskan” karena itu dia mulai menelusuri Lucinda melalui gurunya dulu Miss Taylor. John kemudian bertemu Diana Wayland, anak Lucinda dan kebetulan saat ini sudah bercerai dan memiliki putri, yaitu Abby. Diana awalnya menolak ajakan John untuk mengungkap rahasia angka-angka. Namun, akhirnya bergabung karena ia sebenarnya sudah tahu akan keadaan ibunya Lucinda dan khawatir akan keselamatan Abby. Pencarian dilakukan sampai ke tempat persembunyian Lucinda selama ini. Dalam penyelidikan itu muncul sosok asing yang mulai berinteraksi dengan Caleb yang juga mulai menuliskan angka-angka aneh. Akhirnya diketahui bahwa Abby pun juga mengalami hal yang sama dengan Caleb.

Angka penting yang menjadi perhatian adalah deret angka terakhir yang hanya menunjukkan korban 33. Tetapi, itu sebenarnya adalah EE atau Everyone Else. Akhir dunia. Hal ini dipastikan dengan kejadian luar biasa yang akan terjadi pada matahari berupa solar flare yang akan mencapai bumi. Pemerintah pun resmi untuk memerintah semua rakyat segera mencari tempat perlindungan. Dalam waktu yang sempit sebelum bumi hancur, mereka, John, Caleb, Diana, serta Abby bersama-sama mencari perlindungan. Tetapi, John merasa mereka akan selamat jika berada di koordinat yang dituliskan Lucinda. Diana tidak sepakat dengan John dan menempuh jalan lain. Ia pun tewas menabrak truk ketika mengejar orang-orang asing yang membawa Caleb dan Abby. John pun segera melanjutkan pencarian Caleb dan Abby.

John menemukan mereka di lokasi tempat persembunyian Lucinda. Pertemuan John, Caleb, dan Abby disertai kemunculan orang-orang asing -yang kini terungkap bahwa mereka alien- dan pesawatnya (UFO). Abby dan Caleb mengatakan ia sudah tahu akan dibawa mereka ke dunia yang baru. John pun ingin ikut agar selamat, tetapi ia bukan orang terpilih. Uniknya mereka membawa sepasang kelinci bersama mereka. ….hmmm…kereen pesawatnya…lain dari yang biasa… John pun berpisah dengan Caleb.

Beberapa jam sebelum bumi dan seisinya hancur, John berhasil kembali ke rumah orang tuanya untuk berkumpul sebagai keluarga. Inilah kehebatan dari arti keluarga, tempat kembali di kala susah dan senang. …..kereeeennn….adegan bumi hancur dimana kota-kota di Amerika terbakar,lautan menjadi merah oleh solar flare dari matahari… disapu api, semua luluh lantak….wuzzzzz

Akhir kata, saya melihat film ini sebagai ajakan kepada orang yang tidak meyakini adanya Tuhan dan hari kiamat, tetapi lebih memilih kehidupan ini terjadi karena hanya kebetulan saja. Angka-angka itu simbol dari adanya nubuat atau ramalan akan hari akhir dari kitab suci. Dan Caleb serta Abby, yang pada adegan terakhir bergandengan di dunia baru dan berlarian di bawah pohon, adalah simbol dari Adam dan Hawa yang turun ke bumi. Mungkinkah dunia yang kita tinggali sekarang ini adalah “dunia baru” setelah dunia yang lama hancur?

Lalu, adegan alien sebagai penyelamat manusia – saya sudah menebak hal ini akan terjadi- adalah cerminan bagi saya bahwa orang-orang amerika atau pembuat film ini lebih percaya hal-hal yang ilmiah atau bisa dijelaskan -namanya juga sains fiksi. Ketimbang Tuhan sebagai solusinya. Yang bagi mereka masih absurd. Jadi, tetap saja mereka masih menggamangkan arti Tuhan itu sendiri.

Segala komentar dan kritikan diterima. Tulis ya, komentar anda! Ditunggu pisaaaaan😀

Kategori:Omongin film
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: