Beranda > Cuap-cuap > Arung Jeram Pangalengan: Sisi Lain Wisata Situ Cileunca

Arung Jeram Pangalengan: Sisi Lain Wisata Situ Cileunca

Di sela-sela kesibukan yang bikin stres kepala, saya diingatkan dengan pengalaman rafting atau arung jeram akhir Mei lalu. Ternyata asyik juga ya! Nabrak-nabrak tanah pinggiran sungai dengan perahu karet. Didorong dan diangkat air kencang serta mengalami perasaan melayang di udara saat melewati air terjun mini. Plus basah-basah dijatuhkan skipper yang jahil. Crazy but is funtastic experience! Ingin lagi nih merasakan yang lebih seru. Kata orang saya sudah ketagihan!

grup 1 rafting pangalenganArung jeram perdana ini bareng-bareng sama teman kantor dulu di Bandung. Kita berangkat ke Pangalengan, tepatnya ke situ Cileunca. Dari saluran pengeluaran air dari situnya ada sungai Palayangan. Akan tetapi, kata ayah saya, Palayangan artinya juga sungai. Memang sungai ini terbentuk dari buangan air situ. Karenanya, ada berbagai air terjun mini yang terbentuk disertai derasnya air. Perlu anda ketahui situ Cileunca berada di perbukitan di daerah Pangalengan Kabupaten Bandung.

grup 2 rafting pangalenganSaya bersama 10 orang lain berada di dua kapal karet. Satu perahu berlima –enaknya sih satu perahu penumpangnya berenam karena semua tempat di perahu terisi semua. Posisinya berbanjar 3. Jadi, satu orang di kiri perahu dan satu orang si sisi lainnya. Posisi paling belakang di tempati skipper yang berperan memandu dan menjaga arah perahu.

pengarahan rafting palayangan

Karena pemula, kami diajarkan kode-kode yang ada di arung jeram. Jika skipper berkata “sisi kanan”, maka kami di sisi kiri harus menggeser duduknya ke sisi kanan hingga merapat ke penumpang lainnya di sisi kanan perahu. Begitu juga sebaliknya. Jika berkata “boom”, maka penumpang harus jongkok di sela-sela tempat duduk. Yang dimaksud tempat duduk ini adalah bagian dari perahu karet yang menyilang berbentuk silinder. Untuk kode dayung maju dan mundur, sepertinya itu tidak usah dijelaskan. Keseimbangan mendayung kiri dan kanan di arung jeram tidak terlalu berperan karena arus yang liar mengacaukan arah perahu. Jika perahu mentok di pinggir sungai, skipper akan mengarahkan perahu ke jalurnya.

Dan peraturan penting yang harus diingat adalah jangan sampai dayung berbahan baja mengenai kepala atau badan penumpang lainnya! Karena itu penumpang harus pake helm. Maka ingat-ingatlah cara pegang dayung yang benar. Satu tangan menggenggam dan jari-jemari tangan lainnya dalam posisi menarik karena ujung dayung berpalang seperti jangkar.
rafting pangalengan

Seperti arena balap FI, lintasan arung jeram memiliki nama-nama khas di setiap curugnya (air terjun). Di Palayangan, ada nama curug selamat datang, curug domba, curug cinta, dan curug bulan madu yang masing-masing memiliki cerita tersendiri. Waktu 45 – 60 menit selama perjalanan tidak akan terasa karena perahu sudah mencapai finish dan ditandai dengan arus sungai yang sudah tenang. Kemudian, kami kembali ke tempat asal dengan mobil yang sudah satu paket dengan biaya sewa perahu karet dan jasa skipper.

rafting pangalengan 1Saya merasakan arung jeram di Palayangan cocok untuk pemula karena lintasannya tidak terlalu berbahaya dengan arus yang tidak terlalu kencang. Ada beberapa curug yang berbahaya, namun setelah itu biasa. Bahkan saya sampai ikut 2 kali putaran karena merasa perjalanan yang pertama kurang menantang. Dan putaran yang kedua ini dilakukan setelah hujan karena arus sungai bertambah kencang! Jika anda bersepuluh seperti saya, anda seorang hanya mengeluarkan biaya 100 ribu untuk biaya di tempat. Jika 2 kali putaran, cukup tambah 30 ribu.

Tujuan rafting berikutnya, Citarik Sukabumi!

Kategori:Cuap-cuap
  1. Ina
    13 Juli 2009 pukul 15:08

    mas, boleh minta info tempatnya gak?
    kok murah bgt sech? serius cuma 100 ribu / org?
    wah… mau donk…

    thanks before
    ^_^

  2. masdiisya
    13 Juli 2009 pukul 23:26

    mungkin harganya bisa dijadikan patokan kalo main ke sana. karena harga segitu sudah isa sewa perahu 2 buah plus skipper-nya. mungkin kalo perlu perahu lebih bisa ancer-ancer harganya berapa. situ cileunca itu ada di pangalengan atau daerah bandung selatan. rutenya, muhammad toha –>banjaran–>pangalengan—>situ cileunca…sama2 …

  3. 10 September 2009 pukul 14:04

    kalo saya mau ikut tapi gak team, bagaimana caranya?

  4. masdiisya
    14 September 2009 pukul 10:04

    gak seru dong…masak mau pelukan ama guidenya hehehehe

  5. demi
    1 Oktober 2009 pukul 20:33

    mas,,,,, nyewanya kesiapa ?…..kok murah banget….. bisa sms, saya ke : 08156193534…..saya demi dari bandung..rencananya mau arung jeram….mohon informasinya ya..mas……..perlu banget….🙂..terima kasih..

  6. bonita
    27 Oktober 2009 pukul 14:30

    mohon contact person nya untuk penyewaan perlengkapan Rafting nya.. dalam wajtu dekat ini kami ingin mengadakan acara rafting di daerah jawa barat.. hub. 08561006670

  7. alvin
    15 November 2009 pukul 11:55

    ini bener seratus ??kmaren saya kesan ngecek 150

  8. masdiisya
    23 Desember 2009 pukul 09:42

    waduh, harga kayaknya tidak mengikat nih….pinter-pinter nego aja…god luck!

  9. Verani
    1 Februari 2010 pukul 13:04

    mau jg dunk infonya ke email saya jg boleh…r4not_29@yahoo.com. tolong ya…^^

  10. gondez
    20 April 2010 pukul 02:19

    mau lbh murah lagi???
    130rb/org, ngarung seharian penuh sampe puas, + makan siang…
    CP:085290002244
    Bisa Palayangan, bisa Citarum…

  11. 28 September 2010 pukul 14:34

    untuk berbagai macam kegiatan outdoor,.. ARUNG JERAM (RAFTING), PAINTBALL, FLYINGFOX
    baik untuk outbound keluarga maupun corporate,.. kunjungi web nya
    http://www.arus-liar.co.cc
    hubungi 0817420179

  12. agustin
    16 November 2010 pukul 21:42

    mas ini seriusan harganya segini? minta nomor cp nya dong mas, makasih bgt. email atau ym ya mas. ayuu.agustin@yahoo.co.id

  13. masdiisya
    24 November 2010 pukul 08:58

    @ agustin
    lihat komentar2 sebelumnya

  14. dewi
    3 Januari 2012 pukul 12:49

    sekarang masih sgitu apa udah naik gan?

    minta infonya kirim email saya sasuke.uzumaki86@gmail.com

  15. yudha
    20 Januari 2012 pukul 17:25

    Mas ada CP pengelola tempat di sana ga? Klo ada saya minta dong mas. Rencananya april mau bawa rombongan ke sana.

  16. yani
    5 Oktober 2012 pukul 23:32

    sekarang berapa yah bayar nya?
    kalo dr bogor rute nya gimana?

  17. Anna Astriana
    17 Mei 2013 pukul 19:32

    sekarang bayarnya berapa? harus reservasi dulu ???

  18. 27 Mei 2013 pukul 23:06

    Hi, I think your website might be having browser compatibility
    issues. When I look at your website in Chrome, it looks fine but when opening in Internet
    Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you
    a quick heads up! Other then that, amazing blog!

  19. 25 Agustus 2014 pukul 12:56

    I’ve been exploring for a little for any high-quality articles or
    weblog posts on this kind of space . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site.

    Studying this information So i am happy to convey that I’ve an incredibly good uncanny feeling
    I came upon just what I needed. I such a lot for sure will make sure to do
    not disregard this site and provides it a glance regularly.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: