Beranda > Fisika SMA > Kuis Fisika (2)

Kuis Fisika (2)

Kategori: gravitasi

Seorang astronot mengorbit 500 mil di atas permukaan bumi. Dia tampaknya tanpa bobot atau tanpa berat (weightless) karena hampir tidak ada gaya gravitasi pada dirinya.

Betul atau salah ???

Jawaban:

Salah. Sebenarnya berat astronot atau gaya tarik gravitasi akan menjadi sekitar 79% dibanding ketika dia berdiri di Bumi. Dia tidak bisa berada di orbit tanpa gaya gravitasi yang bekerja padanya. Gravitasi memberikan gaya sentripetal sehingga dia mampu mengorbit.

Dia merasa ringan karena gaya gravitasi adalah satu-satunya gaya yang bekerja pada dirinya. Ketika ia berdiri di Bumi, dia mendorong ke bawah di Bumi dan mendorong ke atas pada dirinya. Gaya ke atas yang berasal dari permukaan Bumi disebut gaya normal. Gaya normal menyebabkan sensasi memiliki berat. Hapus gaya normal dan seseorang akan merasa ringan.

Setiap benda atau orang yang jatuh bebas akan merasa ringan walaupun sebenarnya mereka tidak. Jelas, seseorang tidak bisa jatuh kecuali mereka ditarik ke bawah oleh gaya berat. Kedengarannya aneh, tetapi mengorbit hanyalah keadaan yang stabil ketika jatuh.

NASA dan awal liputan media spaceflights merupakan penyebab kesalahpahaman bahwa astronot mengalami tanpa bobot. Istilah ini sering diulang yang telah menjadi tertanam dalam kesadaran publik. Memang istilah gaya normal agak canggung untuk mengatakan, tetapi akurat untuk menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi pada astronot di orbit. Yang jelas istilah tanpa bobot (weightless) tampaknya kompromi terbaik.

Kategori:Fisika SMA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: