Beranda > Fisika > Si Eksentrik Fermi (1)

Si Eksentrik Fermi (1)

Pada pukul lima duapuluh sembilan menit di suatu Senin pagi dalam bulan juli 1945, bom atom pertama di dunia diledakkan di padang pasir, enampuluh mil (96,5 km) di sebelah barat laut Alamogordo, New Mexico. Empat puluh detik kemudian, gelombang kejut ledakan mencapai pengkalan pusat, di mana para ilmuwan berdiri dalam perenungan yang mempesonakan melihat pertunjukan bersejarah tersebut. Orang yang pertama terpesona adalah seorang fisikawan berkebangsaan Italia-Amerika Enrico Fermi yang hadir untuk menyaksikan puncak dari suatu proyek yang telah ia bantu memulainya.

Sebelum bom atom di-detonasikan, Fermi merobek sehelai kertas buku catatan menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian, ketika ia merasakan getaran pertama dari gelombang kejut yang menyebar melalui udara, dilemparkannya potongan-potongan kertas itu ke atas kepalanya. Potongan-potongan tersebut melayang-layang turun ke bawah dan menjauhi awan berbentuk jamur yang terbentuk di kaki langit, dan mendarat kira-kira dua setengah yard (2,2 m) di belakangnya.

Setelah menghitung secara singkat di luar kepalanya, Fermi mengumumkan bahwa energi bom nulir tersebut adalah ekivalen dengan energi yang dihasilkan oleh sepuluh ribu TNT. Di lapangan juga terdapat alat-alat ukur canggih. Analisis yang dilakukan dari hasil pembacaan kecepatan dan tekanan gelombang kejut, yang makan waktu berminggu-minggu untuk menyelesaikannya, membenarkan taksiran cepat Fermi tersebut.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana Fermi melakukannya. Tetapi apa yang dilakukannya mungkin adalah: mengukur kelajuan udara yang didorong oleh ledakan, ia menaksir energi kinetik total yang disipasi oleh atmosfer, dan kemudian membaginya dengan jumlah energi yang dilepaskan oleh satu ton TNT.

Berlanjut….

Sumber: Pemecahan Fermi oleh Prof. Hans Christian von Baeyer, terjemahan pada buku Tipler, Paul A, Fisika untuk sains dan teknik, jilid 1, Erlangga 1998 dengan pengubahan seperlunya.

Kategori:Fisika
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: