Beranda > Iman dan sains > Menengok Ibadah Haji Tahun 2200 (I): kajian futuristik

Menengok Ibadah Haji Tahun 2200 (I): kajian futuristik

…Ibadah haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjanjian ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji) maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam (Q.S Ali Imran: 3[97])

Perintah Allah dalam Al Quran tadi adalah abadi, tidak akan diralat sampai kiamat. Ibadah haji sudah wajib bagi Muslim sejak zaman Nabi Muhammad saw. melakukan Haji Wada’ dengan jumlah jamaah kurang lebih 90 ribu orang. Allah swt. tidak pernah membatasi jumlah jamaah haji. Nabi Muhammad saw. bahkan mengajarkan, haji sekali itu melunasi hutang kepada Allah, haji kedua itu “mengutangi” Allah, dan haji ketiga membebaskan kulit dan setiap helai rambut dari api neraka. Beliau juga mengancam, barang siapa mampu, tetapi tidak mau beribadah haji, akan mati sebagai Yahudi atau Nasrani. Dalam sebuha hadis, Rasulullah saw. menyebutkan barang siapa disehatkan badannya, dilapangkan rezekinya, lantas tidak mau berkunjung ke Baitullah setelah empat tahun, niscaya diharamkan keberkahan kepadanya.

Semua imbauan dan ancaman tadi niscaya akan menggerakkan niat Muslim untuk beribadah haji lagi dan lagi. Kendala yang diijinkan Allah hanyalah kemampuan perjalanan, “istithoa’a”. Alibi yang diterima hanyalah halangan kesehatan dan keamanan/kemudahan perjalanan. Tidak disyaratkan harus kaya raya dulu. Tidak menunggu penguasaan ilmu agama mendalam dulu. Manusia sendirilah, dalam hal ini penguasa dan pengusaha yang memperberat dan mempersulit ibadah haji. Apabila paradigma haji sudah berubah, dari mempermahal dan membatasu haji menuju mempermurah dan mempermudah haji, jumlah haji sedunia akan melonjak tajam. Masalahnya adalah bagaimana manusia mengantisipasi hal itu kira-kira di tahun 2200.

Menurut World Religius Statistic, di tahun 1900, presentasi Muslim di dunia berjumlah 12,4% dari seluruh penduduk. Disinyalir akan menjadi 23,5% di tahun 2200. Penghitungannya memakai dua alternatif skenario, yakni skenario pertumbuhan normal sesuai trend demografis sebelumnya yang disebut “most likely“, dan skenario terjadinya kebangkitan islam atau “Muslim revival“, yakni 1% pemeluk Kristen di Eropa, Amerika, dan Oceania masuk islam setiap 25 tahun. Islamic society of North America (ISNA) mengemukakan hasil penelitian sebuah lembaga Kristen, Wolrdwide Church of God dari California, dalam kurun waktu 50 tahun, antara 1934-1984, pemeluk agama Yahudi hanya meningkat 4%, pemeluk agama Kristen meningkat 47%, sedangkan pemeluk Islam meningkat 235%.

Bahkan Samuel P. Huntington pengarang The Clash of Civilizations, berani memperkirakan jumlahnya lebih banyak dari itu. Menurutnya, di tahun 2025 saja umat muslim sudah akan berjumlah 30% dari jumlah penduduk, melebihi umat Kristen yang hanya 25%. Walhasil jumlah Muslim 200 tahun yang akan datang (asumsi penulis dari tahun 2000-masdiisya) diperkirakan mendekati 3 miliar orang. Batas usia rata-rata saat itu 97 tahun, dengan kesehatan yang baik. Penghasilan tahunan rata-rata diprediksi USD25.860. Rasullulah saw. meramalkan, di akhir zaman orang islam akan sedemikian kaya, sampai-sampai mereka bersusah payah mencari mustahik (orang yang berhak menerima zakat), namun tetap tidak ditemukan.

berlanjut ke bagian II

Kategori:Iman dan sains
  1. web
    2 Oktober 2013 pukul 01:00

    First of all I want tto say excellent blog!
    I had a quick question in which I’d like
    to ask if you don’t mind. I was interested to find out how you center
    yourself and clear your thoughts prior to writing. I’ve had a difficult time clearing my thoughts in getting
    my thoughts out. I do take pleasure in writing but it just seems like the first 10 to 15 minutes tend to be wasted just
    trying to figure out how to begin. Any suggestions or hints?
    Kudos!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: