Beranda > Fisika SMA > Cara Menghasilkan Gelombang Elektromagnetik

Cara Menghasilkan Gelombang Elektromagnetik

Berdasarkan media perantaraannya gelombang dibedakan menjadi dua, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang permukaan air dan gelombang tali merupakan contoh dari gelombang mekanik. Apa contoh gelombang elektromagnetik? Cahaya matahari yang setiap hari menyinari bumi merupakan contoh gelombang elektromagnetik. Bagaimanakah terjadinya gelombang elektromagnetik?

Gelombang elektromagnetik terkait dengan elektro (atau listrik) sama seperti gelombang mekanik, untuk membentuk medan magnet dari medan listrik yang berubah-ubah terhadap posisi, muatan harus mengalami gerakan yang dipercepat.

Gerakan muatan yang dipercepat tersebut dapat berupa gerakan harmonik sederhana. Jika muatan bergerak harmonik sederhana, muatan tersebut akan berosilasi. Medan listrik serta magnet yang ditimbulkannya di setiap titik dalam ruang akan berubah-ubah secara sinusiodal. Dari cara ini, gelombang elektromagnetik dapat terbentuk.

Dengan demikian, kita secara mudah dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Misalnya, dengan mengguncangkan batang plastik yang bermuatan. Sebuah bola plastik yang bermuatan dijatuhkan secara bebas juga menghasilkan gelombang elektromagnetik. Karena jatuh bebas adalah gerakan yang dipercepat.

Demikian juga, ketika mengayunkan bola yang bermuatan dengan menggunakan kawat seperti sebuah bandul sederhana. Bandul tersebut bergerak dalam gerakan harmonik sederhana sehingga timbul gelombang elektromagnetik.

Muatan yang bergerak dalam gerak harmonik sederhana bergerak dengan frekuensi tertentu. Frekuensi ini ditentukan oleh frekuensi dari sumber tegangan. Gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh muatan ini juga akan merambat dengan frekuensi yang sama.

Jika ingin melihat visual gelombang elektromangetik dalam bentuk animasi, kunjungi situs ini!

Kategori:Fisika SMA
  1. 26 Agustus 2014 pukul 20:07

    Thanks , I’ve just been looking for info about this subject for a long time and yours is the greatest I’ve came upon till now.
    But, what about the conclusion? Are you sure about the
    source?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: