Beranda > Sains Populer > Warsito, Pencipta Mata Tembus Pandang (2)

Warsito, Pencipta Mata Tembus Pandang (2)

Babak 2, Mimpi itu

Mata Superman bisa tembus pandangBukan Superman, tokoh kartun DC Comics itu,  yang memberi ilham bagi Warsito menciptakan teknologi ‘tembus pandang’ ini. Ia bahkan berkelakar tak percaya kehebatan Superman.

Saat di SMA, ia pernah membaca sebuah majalah remaja yang memuat serial komik tentang anak muda yang dididik seorang profesor terkenal. Profesor tersebut sedang mengembangkan mesin fotokopi barang. Dengan fotokopi itu, sang profesor ingin bisa memfotokopi perhiasan menjadi perhiasan lagi.

Akan tetapi, si profesor tak pernah berhasil. Lalu, penelitian itu diambil alih anak muda yang menjadi tokoh utama cerita dan berhasil diselesaikannya. Sehingga, di malam hari si anak muda mencuri berbagai perhiasan untuk difotokopi, lalu dikembalikan lagi.

“Cerita itu tidak pernah saya lupa. Itu sedikit memberi inspirasi untuk mengembangkan teknologi tomografi ini. Karena teknologi ini bisa ‘meng-copy’ seluruh obyek menjadi data digital 3D,” ujar lelaki yang kini menjabat sebagai staf ahli Menristek. Cerita itu sedikit-banyak memotivasinya dalam mengembangkan teknologi tomografi.

Warsito selalu berhasil menyabet peringkat terbaik di kelas.  “Tidak selalu rangking 1, tapi biasanya masih antara rangking 1 dan 3,” ujarnya merendah. Ia juga sempat mengikuti beberapa kali perlombaan serta pernah dipilih sekolahnya untuk mengikuti lomba pelajar teladan tingkat SD.

Saat SMA, ia juara cerdas cermat matematika dan IPA yang diadakan Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada memperebutkan Piala Baiquni. Prestasi ini bahkan mengejutkan dirinya sendiri karena ia bisa mengalahkan siswa-siswa SMA asal Solo dan Yogyakarta yang notabene lebih maju.

Bersambung ke babak 3

Kategori:Sains Populer
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: