Beranda > Fisika > Cermin Rahasia

Cermin Rahasia

Cermin biasa yang kita gunakan untuk berdandan dan “mengaca” memiliki lapisan yang terlapisi perak di bagian belakang gelas. Lapisan perak ini memantulkan cahaya seperti pada umumnya karena permukaan gelas sangat datar secara optis. Lapisan perak di luar gelas tidak digunakan karena tidak memantulkan cahaya dan terurai, karenanya lapisan perak ini dibalut cat pelindung.

Jika ada orang yang berada di depan dan belakang cermin biasa, maka hanya terjadi bayangan dari orang yang berada di depan cemin saja. Dan kedua orang ini tidak bisa saling melihat satu sama lain. Ada jenis cermin yang sepertinya cermin biasa, tetapi orang yang berada di belakang cermin bisa melihat orang yang ada di depan cermin. Seperti cermin untuk pengamat rahasia, karena kita tidak bisa melihat orang di belakang cermin.

Cermin rahasia ini juga disebut cermin dua sisi (two-way mirror). Cermin ini memiliki lapisan perak yang lebih tipis di belakangnya. Sebagian cahaya bisa menembusnya, tetapi sebagian besar dipantulkan. Dari arah depan, cermin menghasilkan bayangan seperti layaknya cermin biasa. Dari arah belakang, ada cukup cahaya yang tembus agar mata bisa melihat apa yang ada dibalik cermin.

Walaupun demikian, pengamat rahasia di belakang cermin dapat kita deteksi karena cahaya melalui dua arah sisi. Jika ada lampu menyala di ruang pengamat rahasia, maka terjadi pantulan cahaya dari pengamat yang akan melalui bagian depan cermin. Orang yang berada di depan cermin kemudian akan mampu melihat penampakan tidak jelas dari sang pengamat rahasia tersebut. Rahasia agar pengamat rahasia aman adalah tidak adanya sumber cahaya di belakang cermin.

Kategori:Fisika
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: