Beranda > Sains dalam sejarah > Alexander Graham Bell, Bukan Pencipta Telepon

Alexander Graham Bell, Bukan Pencipta Telepon

Ini bukan artikel hasutan, penyelewengan sejarah penemu telepon yang telah kita baca sejak SD atau bahkan di playgroup, atau saya sekedar mencari sensasi. Mungkin ada di antara pembaca sudah mengetahui berita ini dan menetapkan manakah yang diyakini sebagai “pencipta telepon sejati”.

Bermula dari latar belakang selentingan kabar dari seorang dosen saya bahwa sejarah penemu sering dimanipulasi untuk kepentingan orang atau kelompok tertentu. Menurut saya ini logis, karena penemuan biasanya berujung pada hak paten dan kehebatan dari hak patenlah seorang penemu bisa menjadi kaya raya. Sebuah contoh sistem kapitalis yang berjalan sempurna.

Argumen pertama: banyak tuntutan sebagai pemegang hak cipta telepon setelah Bell mematenkan teleponnya. Disebutkan ada 587 tuntutan ke perusahaan Bell, walaupun pada akhirnya Bell tidak pernah kalah. Salah satunya adalah yang diajukan oleh Professor Amos E. Dulbear yang menyatakan bahwa telepon ciptaan Bell (1877) adalah pengembangan dari telepon ciptaan seorang Jerman, yaitu Philip Reis, 1862. Yang waktu itu, telepon Reis telah diketahui oleh Kelvin, Henry, dan Edison.

Argumen kedua (atau ketiga menurut sumber) adalah artikel dari koran The Guardian, Senin 17 Juni 2002, yang berjudul “Bell did not invent telephone, US rules”. Diberitakan bahwa Kongres AS mengubah tokoh penemuan telepon ke seorang imigran Italia yang bernama Antonio Meucci, 113 tahun setelah kematiannya secara voting.

sumber: http://www.telephonetribute.com/telephone_inventors.html

  1. 7 November 2011 pukul 22:01

    makasih udh menambah wawasan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: