Beranda > Fisika > Nyamannya Kelembapan

Nyamannya Kelembapan

Di suatu pedestrian yang cerah

Gunam: Waduh, udara di kota ini nggak enak sekali….tidak nyaman rasanya

Profesor: Apa yang membuatmu tidak nyaman, Gun?

Gunam: Sehabis olahraga ini, keringat saya sulit menguap, sehingga badan lengket, nggak enak sekali …

Meti: Prof, apa penyebabnya?

Profesor: Begini, dalam udara terdapat uap air. Udara hanya dapat menampung uap air dalam jumlah tertentu. Jika terlalu banyak uap air, kelebihan uap air akan mengembun membentuk tetes-tetes air. Ketika udara tidak dapat menampung tambahan uap air lagi, dikatakan bahwa udara jenuh.

tambahnya: Di kota ini udara sudah hampir jenuh. Udara sukar menampung uap air. Itu sebabnya keringat kamu sukar menguap. Akibatnya, tubuh kamu makin lama makin panas. Ini menyebabkan kamu merasa tidak nyaman.

Gunam: Ooo, begitu Prof…

Penjelasan lanjut

Mengapa orang bisa merasa nyaman bekerja di padang pasir yang kering pada suhu sekitar 38ºC? Karena ketika udara kering, keringat cepat sekali menguap. Ketika keringat menguap, suhu tubuh akan turun (contoh peristiwa evaporasi), sehingga tubuh merasa nyaman.

Udara jenuh pada daerah bersuhu tinggi mengandung lebih banyak uap air dibandingkan dengan udara jenuh pada daerah bersuhu rendah. Mengapa?

Pada suhu rendah, molekul-molekul air bererak dengan kecepatan rendah. Kalau jumlah mereka sangat banyak, sebagian dari mereka akan bertumbukan dan bergabung menjadi tetes-tetes air. Pada suhu tinggi, molekul-molekul uap air bergerak lebih cepat, sehingga kemungkinan mereka akan bergabung lebih kecil. Itu sebabnya lebih banyak uap air dapat ditampung tanpa takut mereka menjadi tetes-tetes air.

Untuk menyatakan jumlah uap air yang dikandung udara, orang menggunakan dua istilah: kelembapan mutlak dan kelembapan relatif.

Pengukur kelembapan biasanya mengukur kelembaban relatif

Kelembapan mutlak menyatakan berapa persen uap air yang dikandung oleh udara. Misalnya: kelembapan mutlak 30%, artinya udara mengandung 30% uap air.

Kelembapan relatif menyatakan berapa persen perbandingan uap air yang dikandung udara dengan uap air  udara jenuh pada suhu yang sama. Misalnya: kelembapan relatif 20%, artinya uap air yang dikandung udara itu 20% dari uap air yang dikandung udara jenuh.

Tubuh kita nyaman pada duhu sekitar 20ºC pada kelembapan relatif 50-60%.

sumber: IPA fisika gasing, Prof. Yohannes Surya

Kategori:Fisika
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: