Beranda > Fisika > Misteri itu Adalah Gravitasi!

Misteri itu Adalah Gravitasi!

Mengapa kita tidak ikut berputar setiap saat bumi berputar pada porosnya?

Kita semua (hampir) bisa menjawab ujian ini. Hal ini terjadi karena gaya gravitasi bumi. Sangat dikenal karena pemahaman ini sudah diajarkan sejak di bangku SD. Begitupun interaksi benda-benda yang ada di luar angkasa. Masing-masing benda mengirimkan gaya gravitasinya agar tetap berada dalam orbitnya.

Apa yang menyebabkan gravitasi?
Nah, ini dia. Ada yang bisa jawab!?

Walaupun gravitasi telah dipelajari sejak zaman Newton, namun bidang ini masih sedikit sekali diketahui oleh manusia. Gravitasi tidak bisa dijelaskan oleh ilmu fisika yang berlaku umum. Para teoretisi meyakini gravitasi mungkin ada kaitannya dengan partikel kecil yang tak bermassa bernama graviton yang menimbulkan gaya gravitasi.

“Gravitasi sama sekali berbeda dengan gaya lain yang bisa dideskripsikan dalam model baku,” kata Mark Jackson, pakar fisika teori dari Fermilab di Illinois AS.”Saat Anda mengerjakan perhitungan interaksi gravitasional kecil, maka Anda akan mendapat jawaban yang ngawur. Matematika sama sekali tak bisa bekerja,” kata dia.

Pada awalnya gravitasi dianggap sebagai kekuatan dari Tuhan dan saat itu bumi dianggap sebagai pusat alam semesta (geosentris).

Setelah itu, dengan perkembangan teori heliosentris maka Keppler menganggap bahwa orbit planet-planet terbentuk akibat kekuatan magnet.

Kemudian, sampai pada masa Newton. Ketika apel jatuh di kepalanya ia merenung mungkinkah akibat gravitasi bisa mencapai bulan dan benda-benda lainnya yang ada di alam semesta?

Menggunakan data-data dari Keppler, Newton mencoba merumuskan teori gravitasinya. Pada buku Principia, hukum gerak ada di dalamnya, Newton mengeluarkan hasil pekerjaannya tentang Hukum Gravitasi Universal. Hukum ini menyatakan bahwa semua benda di alam semesta ini saling tarik-menarik.

Kesaktian hukum universal gravitasi terbukti telah meramalkan orbit planet-planet dengan sangat akurat bahkan membantu penemuan planet baru, Neptunus.

Namun kesaktiannya terhenti ketika orbit planet merkurius sedikit menyimpang dari hukum gravitasi hasil Newton. Tiba-tiba muncullah Albert Einstein yang membenarkan penyimpangan ini. Namun, implikasinya tidak hanya merevisi hukum gravitasi newton, tapi mengubah cara pandang kita yang baru!

Kita tahu, Einstein mengeluarkan hukum relativitas umum yang didasarkan pada 4 dimensi ruang yang kita huni, yaitu dimensi ruang dan waktu (space-time). Ia menyatakan bahwa semua benda di alam semesta membentuk ruang dan waktu dalam kurva yang melengkung. Dan kurva yang melengkung ini menyebabkan bagaimana benda-benda bergerak di luar angkasa. Dengan kata lain, planet-planet bergerak bukan karena ditarik oleh gaya gravitasi matahari, tapi bergerak menurut garis lurus pada ruang yang melengkung itu.

Selain itu, teori gravitasi umum meramalkan adanya black hole (lubang hitam), gelombang gravitasi, dan juga prediksi perlambatan waktu di dalam medan gravitasi.

Pembuktian teori relativitas umum dimulai pada tahun 1919. Menurut teori ini pada benda-benda yang bermassa sangat besar bisa membengkokkan ruang dan waktu sehingga lintasan sinar pun bisa bengkok. Ketika itu teramati, Enstein menjadi populer dan teorinya menggantikan hukum universal gravitasi.

Namun demikian, hukum graviasi universal masih digunakan dan diajarkan pada sekolah-sekolah, walapun tidak akurat 100%, tapi masih benar-benar akurat.

Ketika kita sudah sampai kalimat ini, kita masih belum tahu apakah itu gravitasi yang “sebenarnya”!

The Future

Suatu teori tidak bisa menjelaskan semuanya, kini penelitian dari benda-benda yang berukuran sangat kecil, seperti penelitian atom, tidak bisa dijelaskan dengan relativitas umum. Ia digantikan dengan mekanika kuantum.

Para ahli fisika sekarang yakin bahwa masa depan ditentukan dengan penyatuan relativitas umum dan mekanika kuantum dalam sebuah teori (biasa disebut grand unified theory atau teori penyatuan raya -saya terjemahkan secara kasar) yang bisa menjelaskan semua, baik alam semesta dalam skala besar dan kecil. Penyatuan teori ini meliputi teori gravitasi dengan gaya dasar lainnya (elektromagnetik dan gaya kuat dan gaya lemah nuklir). Walaupun gaya-gaya itu tampaknya berbeda, tetapi diyakini berasal dari satu gaya. Jadi, mungkin di masa depan mudah-mudahan kita bisa melihat “gaya yang satu itu” . Hanya waktu yang bisa menjawab.

Kategori:Fisika
  1. xxl123
    20 Desember 2010 pukul 08:48

    sekali2 pertamakk di sini yah😀

  2. masdiisya
    22 Desember 2010 pukul 13:16

    hehehehe makasih om xxl buat pertamaknya

  3. oni
    5 Januari 2011 pukul 11:45

    mungkin maksud pertanyaan di kalimat pertama adalah “mengapa kita tidak terpental karena bumi berputar pada porosnya”.

    bukankah kita memang berputar seiring rotasi bumi?

    salam

  4. masdiisya
    6 Januari 2011 pukul 09:31

    saya lebih seneng memaksudkan ke perasaan “berputarnya”. seperti ketika naik komedi putar. kita tidak merasakan putaran bumi karena bumi begitu massiv dan adanya gaya gravitasi bumi. Akan tetapi yang saudara Oni maksud juga benar.

    makasih atas komentarnya

  5. 11 September 2013 pukul 21:47

    While most people look at the older, more established players first,
    they may not provide the cheapest quotes. Taking the time
    to keeep careful records of your expenses and to educate yourself on
    available deductible items for self-employment taxes
    can have a big impact on the sole proprietor’s profitability.
    That’s why you shouldd think about the car yoou want to drive
    before actually buying it.

  6. 12 September 2013 pukul 15:43

    The price of auyto insurance is not likely too decrease anytime soon.
    It could happen that unless you request it,
    the discount will never be offered. Your policy should cover all possibilities, including injury to yourself,
    your vehicle and to other.

  7. 26 September 2013 pukul 15:32

    It is very necessary to let tthe insurance cover cmpany know all your superior qualites as a driver.
    Connecticut and Massachusetts residents have many options for
    quality health insurance including Health Neww England, wnich offers individual and group health plans.
    At this point the only thing that remains for you to doo is to call
    around to each insurance company and recieve a straightforward
    quote so that you can proceed with your multi car insurance comparison.

  8. 26 September 2013 pukul 17:50

    Theyy watch their children grow from tiny,
    helpless infants into young adults with their own personalities, opinions and usually an unfortunate desire
    to be able tto drive wherever they please once
    they reach driving age. The straight insurance deductible applies to every separafe loss, and
    thus thhe type used in all mtters off personal insurance. Shop Aroun – As with aall types of insurance, the car insurance market
    is highly competitive.

  9. 30 September 2013 pukul 06:36

    Gradually, cars aree becoming within the reach of common people to buy.

    Passenger cars and light-weight trucks included nearly 95 percent with thhe 11 million cars involved with car crashes in 2004.
    This is why many drivers trying to take the car insurance
    online in Louisiana very cheap.

  10. 14 September 2014 pukul 04:32

    Hi to all, it’s genuinely a nice for me to go to see this website, it includes helpful Information.

  11. 7 Maret 2015 pukul 15:20

    On the contrary, human attraction is a combination of visual, intellectual, olfactory, social
    and linguistic signs. In another study, wolmen were shown to have
    the length of their menstrual cycles reduced by several days
    when introduced to a female hormone present in sweat.
    After five months, five out of the sixx women where cycfled with
    the dominate woman’s cycle.

  12. humam
    31 Agustus 2015 pukul 01:21

    sedikit komen ya : sebenarnya sudah ada jawabanya lo. tentu dalam hal ilmu pengetahuan suatu benda yangnyata dilihat dan bisa dipegang. secara riel seharusnya bisa dijelaskan dengan logika pengetahuan atas perilaku benda tersebut.tetapi tidak dengan GRAFITASI ..mengapa??? Newton pun telah menulis di bukunya dalam hal ini , bahwa tak ada seorang sampai kapanpun dapat menerangkan mekanisme tersebut. intinya seperti itu.
    jawban dari kebingungan itu sebarnya sudah ada.jawaban itu sudah ditulis dalam kitab suci Alquran jauh sebelum Newton lahir. dalam surat Albaqoroh.(ayatnya lupa) batu yang jatuh (atau setiap benda yang jatuh) adalah disebabkan perintah Allah Swt.bukan karena ditarik gaya grafitasi.demikian pula.matahari,bumi bintang2 dll.beredarnya mereka bukan pengaruh grafitasi. tapi dalam Alquran adalah benda yang di perintahkan beredar. kita harus bertanya?? mengapa kita di hadapkan dengan benda yang punya sifat “grafitasi” yg tak bissa dijelaskan menurut ilmu????
    hal in mungkin Tuhan menggedor manusia untuk tidak sombong. bahwa suatu materi yang benar2 ada dan nyata ternyata ada yang tak bisa dilihat oleh mata manusia bahkan oleh alat muktakhir a[papun buatan manusia. barangkali benda2 tersebut memiliki sayap tetapi kita tak mampu melihatnya. dan sudah barang tentu secara logika benda tersebut memiliki alat pendorong sehingga dia dapat bergerak. tapi mata manusia tak punya kapasitas melihat itu.jelas hukum grafitasi tak mampu menjelaskan perjalanan matahari dan planet2 dalam mengitari pusat galaxy yg begitu jauh. non sen .manusia yg dibekali akal yg cerdas dengan kenyataaan yg ada harus mengakui bahwa manusia itu mempunyai mata dengan kemampuan yg lemah. manusia itu lemah dihadapanNYA.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: