Beranda > Fisika > Menjelaskan Api

Menjelaskan Api

Kalau kita menyalakan lilin akan timbul api, kalau kita menyalakan kompor akan timbul api. Apakah sebenarnya api itu? Apakah api termasuk zat padat, cair, gas, plasma atau kondensat atau termasuk zat yang baru?

Ketika lilin dinyalakan akan timbul panas. Panas ini merupakan hasil reaksi kimia dari lilin dan oksigen. Panas yang ditimbulkan akan memanaskan udara di sekelilingnya. Selain itu, molekul-molekul lilin di sekitar api akan langsung berubah wujud menjadi gas untuk bereaksi dengan oksigen. Setiap materi yang suhunya sangat panas akan memancarkan cahaya. Suhunya yang sangat tinggi membuat molekul-molekul gas lilin, udara, dan sisa pembakaran yang tidak sempurna berpijar menghasilkan cahaya. Itulah api.

Kalau kita perhatikan, api yang paling dekat lilin akan berwarna biru karena suhunya panas, sedangkan yang sudah agak jauh akan berwarna kuning karena sudah mulai kehilangan panas. Api kompor yang baik juga akan berwarna biru karena suhunya paling panas sehingga masakah akan lebih cepat  matang. Suhu nyala api lilin bisa mencapai 1.400°C.

Jadi, api termasuk gas? Benar, sebagian besar api adalah gas yang dipanaskan sehingga bercahaya. Namun, ada sebagian kecil api yang suhunya terlalu tinggi. Di daerah ini, molekul-molekul gas lilin dan udara kehilangan elektron sehingga menjadi plasma.

sumber: fisika gasing

Kategori:Fisika
  1. konikjo
    2 Desember 2011 pukul 14:01

    good info ny!

  2. 23 Mei 2016 pukul 15:35

    makasih,saya mau nanya apa api memiliki warna lain selain warna merah,jingga atau kuning,kalau iya bagaimana bisa?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: