Beranda > Fisika > Dari Elektronik ke Fotonik

Dari Elektronik ke Fotonik

Kamu telah belajar bahwa ada partikel kecil yang bernama elektron. Partikel ini diketahui bermuatan negatif dan dapat mengalir dari tempat potensial listrik tinggi ke potensial listrik terendah.

Interaksi di antara benda yang bermuatan atau memiliki elektron menghasilkan gaya listrik yang akhirnya menghasilkan gaya gerak listrik (ggl) ketika elektron bergerak.

Sumber ggl dapat kamu temukan pada baterai atau generator. Ketika mengalir, aliran elektron per sekonnya disebut sebagai arus listrik. Adapun usaha yang “mendorong” agar elektron mau bergerak diperlukan sejumlah beda potensial atau tegangan listrik. Kaitan antara arus dan tegangan, tidak lupa hambatan, dipergunakan dalam berbagai peralatan listrik. Karena memanfaatkan sifat elektron sehingga alat listrik sering disebut sebagai alat elektronik.

Perkembangan peralatan listrik akan semakin canggih karena sedang dikembangkan untuk menggunakan foton (baca cahaya) daripada elektron. Bidang studi yang memanfaatkan foton dalam peralatan disebut fotonik. Sifat dari foton jika dibandingkan dengan elektron adalah sebagai berikut.
1.      Gerak atau cepat rambat foton cahaya paling tidak mencapai tiga kali lebih cepat dibandingkan cepat rambat elektron. Oleh sebab itu, peralatan listrik yang berfungsi sebagai mesin penghitung, seperti komputer akan bekerja lebih cepat.
2.     Semua cahaya tidak dapat saling mengganggu (berinterferensi) kecuali jika cahaya-cahaya itu berasal dari satu sumber sehingga gangguan alat secara internal akan semakin jarang.
4.     Cahaya dapat merambat di dalam serat optis yang lebih ringan dibandingkan logam (tembaga) yang saat ini dipakai sebagai media aliran elektron. Dengan demikian ukuran alat akan semakin kecil dan ringan.
5.     Alat elektronik sekarang bekerja secara dua dimensi. Jika menggunakan cahaya, maka alat bisa bekerja secara tiga dimensi. Cara ini dimungkinkan pada media penyimpanan data.

Sumber: http://www.wikipedia.org

Kategori:Fisika
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: