Beranda > Astronomi, Fisika > Pluto adalah Planet Kerdil

Pluto adalah Planet Kerdil

Gambar Pluto dan ketiga satelitnya, Charon, Hydra dan Nix yang diambil dari teleskop Hubble. Charon paling besar dan didekat Pluto. Hydra di dua titik yang paling atas di kanan Pluto. Nix ada di bawahnya.Pluto yang selama ini dianggap sebagai planet ke-9 dari sistem tata surya kita, harus melepaskan “gelarnya” sebagai planet. Hal ini ditetapkan oleh para astronom yang mengadakan sidang umum Himpunan Astronomi Internasional pada tanggal  14 – 27 Agustus 2006 di Praha, Ceko. Pluto dianggap tidak memenuhi syarat sebagai planet setelah ada penemuan-penemuan terbaru. Pluto diketahui memiliki ukuran yang sangat kecil, orbitnya tumpang tindih dengan orbit neptunus, serta orbitnya terlalu melengkung terhadap matahari.

Kini, pluto digolongkan ke dalam planet kecil (dwarf planet) bersama asteroid lain yang memiliki ukuran hampir sama. Menurut Wikipedia ada planet kerdil lain yang telah resmi diumumkan, yaitu Huamea, Mekameka, dan Eris. Diyakini ada ratusan jumlah planet jenis ini dan mereka memiliki satelit atau bulannya masing-maing.

Dengan demikian, definisi tata surya yang awalnya terdiri dari 9 planet menjadi 8 planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Apakah planet itu?

Para ilmuwan yang tergabung dalam International Astronomical Union (IAU) atau Perhimpunan Astronomi Internasional pada tanggal 24 Agustus 2006 mendefinisikan ulang planet sebagai benda langit yang

a) mengelilingi matahari;

b) memiliki massa yang cukup untuk membentuk gaya gravitasinya sendiri untuk mengatasi gaya-gaya pada dirinya sebagai benda pejal sehingga dianggap memiliki ukuran yang secara hidrostatis setimbang (hampir berupa bola); dan

c) tidak ada benda yang serupa dalam lintasan orbitnya.

sumber: berbagai sumber

Kategori:Astronomi, Fisika
  1. 17 Juni 2014 pukul 13:57

    Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the
    video to make your point. You obviously know
    what youre talking about, why waste your intelligence on just
    posting videos to your blog when you could
    be giving us something informative to read?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: