Beranda > Fisika, Sains Populer > Tentang Plasma

Tentang Plasma

Plasma adalah suatu lautan muatan listrik. Plasma sering disebut juga sebagai gas yang bermuatan listrik atau gas yang terionisasi (gas yang elektronnya lepas). Jangan terkejut ya, ternyata plasma adalah suatu jenis zat yang paling umum dijumpai di alam semesta ini. Kita biasa menjumpai plasma pada bintang-bintang dan ruang hampa di luar angkasa, sampai di inti bumi. Plasma mencakup lebih dari 99 persen zat penyusun dalam semesta ini.

Ada dua jenis plasma, yaitu plasma dingin dan plasma panas. Pada umumnya plasma dingin berbentuk mirip gas. Contohnya adalah aurora (cahaya yang berpendar di langit, terlihat di sekitar daerah kutub), sementara plasma panas berbentuk mirip zat cair, contohnya adalah inti dari bintang-bintang yang ada di luar angkasa.

Sebenarnya keberadaan plasma sudah diketahui sejak tahun 1879 oleh seorang ahli fisika dari inggris yang bernama Sir William Crookes, hanya sayangnya penelitian tentang plasma baru dilakukan berpuluh-puluh tahun sesudah itu. Pada tahun 1929, seorang ahli kimia dan fisika dari USA yang bernama Dr. Irving Langmir mengatakan bahwa plasma terdiri atas kumpulan ion-ion (atom yang kehilangan atau kelebihan eleketron) dan elektron-elektron yang bergerak bebas.

Bagaimana cara kita membuat plasma? Nah, untuk membentuk plasma kita membutuhkan energi untuk melepaskan (mengusir) elektron-elektron dari atom-atom netral. Ada tida macam sumber energi yang bisa dipakai, yaitu energi panas, energi listrik, dan energi cahaya yang berasal dari sinar ultraviolet atau laser.

Oleh karena hampir seluruh alam semesta ini tersusun dari plasma, maka pembelajaran tentang plasma terus ditingkatkan oleh para ahli fisika. Banyak manfaat yang telah diperoleh, antara lain kita bisa memahami alam semesta ini kemudian berbagai aplikasi dalam bidang plasma dalam bidang industri rumah tangga, transportasi, dan bisnis juga telah banyak ditemukan.

Apa saja sih aplikasi di bidang industri rumah tangga? Plasma digunakan untuk membuat lampu yang hemat energi, membuat piranti semikonduktor yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk pembuatan komputer, televisi, dan peralatan elektronik lainnya. Plasma juga sering digunakan sebagai alat las untuk melapisi ubin dan genteng sehingga lebih tahan panas.

Sementara di bidang transportasi, plasma banyak digunakan sebagai alat yang berfungsi untuk melapisi permukaan mesin diesel sehingga lebih tahan panas. Selain itu, plasma sering dimanfaatkan untuk membuat alat yang bisa mengurangi polusi udara, biasanya alat semacam ini dipasang di dalam knalpot-knalpot kendaraan bermotor.

Sedangkan di bidang industri, plasma banyak digunakan untuk proses pembuatan plastik, analis kimia, sterilisasi peralatan medis, pembuatan lampu pabrik yang hemat energi, dan masih banyak lainnya.

Kategori:Fisika, Sains Populer
  1. mayang
    25 September 2011 pukul 20:03

    trus kalo dalam pembuatan sel surya yang amorf kan make pecvd… itu pembentukan plasmanya dari mana ya???

  2. 28 Februari 2013 pukul 19:38

    Reblogged this on KULIAH ELEKTRO and commented:
    Apa itu Plasma?

  3. 21 Juli 2013 pukul 22:25

    This is the perfect way to get new games and save a lot of
    money at the same time. The game cost over $60 which people don’t ant to spend on just to get into a beta which they deserve to get for free. New data ports are placed wherever they are needed and multiple ports can be placed throughout the room.

  4. 23 Juli 2013 pukul 21:51

    This greatly contributes in the lead free solder to break or
    fracture which Yellow Light of Death becomes the worst outcome.
    Lego Indiana Jones: The Original Adventures is proving to be a challenging game despite the fact that the game
    is made up of scenes and characters created out of Lego
    blocks. Play – Station 3 SHi – FT Code #1: WJ5TJ-WRKKT-WW5W3-HJWTB-ZBXJK.

  5. 2 Agustus 2013 pukul 18:53

    Fried Chicken outside the Southern United states of america.
    Deep frying wings has always been the manner in which most people will cook them, yet what a lot of people do not fully understand is that you can
    make them lots of different ways. 6 medium carrots,
    cut into 2 inch pieces and halved lenghtwise.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: