Beranda > Fisika, Fisika SMP > Ada tegangan di permukaan air

Ada tegangan di permukaan air

Molekul air memiliki daya lekat yang luar biasa dengan sesamanya (kohesi). Akibatnya, sebuah molekul air di permukaan air (yang berada di bejana atau wadah lainnya) tertarik dengan kuat sekali oleh molekul-molekul lain di bagian dalam. Sekarang, formasi (atau susunan) paling kuat yang bisa dibentuk oleh sesedikit mungkin molekul adalah bentuk bola; bangun bola memiliki luas permukaan paling kecil dibanding bangun-bangun lain. Itu sebabnya air membentuk titik-titik air seperti bola ketika mereka memperoleh kebebasan untuk bergerak, misalnya ketika jatuh saat hujan.

Gaya tarik ke arah dalam yang dialami oleh molekul-molekul di permukaan suatu zat cair disebut “tegangan permukaan”. Ini karena molekul-molekul (yang ada di) permukaan, sedikit banyak, berbeda dari molekul-molekul di bagian dalam.

Di bagian dalam suatu zat cair, sebuah molekul ditarik oleh sesama molekul di atas, di bawah, dan di sekelilingnya, dan semua gaya tarik saling meniadakan. Tapi, sebuah molekul tepat di permukaan ditarik oleh molekul-molekul di sekelilingnya kecuali dari atas; ini menyebabkan gaya tarik ke bawah yang tidak mempunyai lawan untuk mengimbanginya. Akibatnya molekul-molekul permukaan memiliki kelekatan lebih kuat dengan sesama molekul lain. Air seperti mempunyai sebaris lapangan kencang di permukaannya. Benda-benda kecil dan ringan bahkan dapat berbaring santai di permukaan tanpa menembus lapisan yang seperti “kulit” itu. Itu sebabnya serangga air dapat berselancar ria di permukaan air yang tenang.

Coba masukkan sabun. Molekul-molekul sabun merusak tegangan permukaan air karena menyesaki air permukaan dengan molekul-molekul yang dapat menarik air (bagian bawah molekul sabun) dan minyak (bagian atas molekul sabun). Selain melemahkan ikatan di antara sesama molekul air, gabungan molekul sabun dan air juga menerima benda-benda lain dengan tangan lebih terbuka…termasuk jarum yang semula dapat kita apungkan di permukaan air.

Kategori:Fisika, Fisika SMP
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: