Beranda > Fisika, Uncategorized > Menguap di Jalan

Menguap di Jalan

Asyik….ngeblog lagi. Setelah sekian lama tidak mengisi blog fisika ini.

Terkadang dalam menulis artikel merasakan kekurangan foto dari kejadian sehari-hari yang berhubungan atau sengaja dikaitkan dengan peristiwa fisika. Apalagi semakin ke sini gambar juga foto yang ‘berbau’ sains mulai memperhatikan sisi copyright. Salah-salah nempel foto/gambar kita akan dijerat hukum. Jadi, ketika ada kesempatan, baik alat dan sikon, ketika ada peristiwa yang menarik, segeralah untuk memotret.

Truk nitrogen

Truk nitrogen

Truk Nitrogen1

Truk Nitrogen1

Truk nitrogen2

Truk nitrogen2

Ketiga gambar di atas adalah foto yang saya ambil dengan kamera HP dari sebuah truk yang sedang mengangkut nitrogen (tanggal 22/01/2013).  Tahu bahwa itu nitrogen, karena di belakang tangki ada tulisan liquid nitrogen, non flammable. Pas, saya lagi naik motor ke kantor di daerah Bakom -jl. raya Bogor-Sukabumi beberapa meter setelah perumahan Rancamaya.

Tidak tahu bocor atau bagaimana, saya melihat cairan yang muncrat keluar tangki ke jalan, kemudian menguap. Saya tidak tahu efek jika terkena nitrogen cair secara langsung. Tapi setelah bertanya ke teman lulusan kimia sebuah universitas negeri, katanya aman. Beberapa saat, ada yang masih menguap walaupun sudah ada di tanah. Setelah beberapa lama mengikuti, akhirnya muncul keinginan untuk segera memotret. Setelah menyalip truk dari kiri (berbahaya!. jangan ditiru) saat macet, saya berhenti beberapa meter di depan. Setelah truk tersebut lewat lalu saya jeprat-jepret. Wuih, lumayan hasilnya gak jelek-jelek amat.

Kategori:Fisika, Uncategorized
  1. 13 April 2013 pukul 01:19

    hey there and thank you for your information – I’ve certainly picked up something new from right here. I did however expertise several technical points using this website, since I experienced to reload the site lots of times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your hosting is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will often affect your placement in google and could damage your quality score if ads and marketing with Adwords. Anyway I am adding this RSS to my email and can look out for much more of your respective exciting content. Ensure that you update this again soon.

  2. 2 September 2013 pukul 12:42

    Wah keobocoran nitrogen kok dibiarkan ya….

  3. 4 Januari 2014 pukul 12:02

    Awesome website you have here but I was curious if you knew of any message boards that cover the same topics
    talked about in this article? I’d really like to be a part of online community where I can
    get opinions from other experienced individuals that share the same interest.

    If you have any suggestions, please let me know. Thanks!

  1. 10 Januari 2015 pukul 05:09

Tinggalkan komentar