Beranda > Fisika, Fisika SMA > Mengapa Listrik Statis Dihasilkan dari Bahan-bahan Isolator?

Mengapa Listrik Statis Dihasilkan dari Bahan-bahan Isolator?

Pada saat kita menggosok suatu benda dengan benda lain, kita bukan menciptakan muatan listrik. Akan tetapi, hanya memindahkan elektron (yang sudah ada disitu) yang bermuatan negatif dari suatu benda ke benda lain. Pemindahan elektron ini dapat terjadi dengan mudah atau sulit, bergantung pada ikatan elektron di dalam atom (buka kembali teori ikatan elektron yang digagas Neils Bohr). Apabila ikatan elektron pada atom sangat kuat, maka sulit untuk melepaskan elektron-elektron yang tidak bebas bergerak tersebut. Jika hal ini terjadi, maka benda tersebut digolongkan benda yang sukar menghantarkan atau mengalirkan muatan listrik. Benda itu disebut isolator (listrik) -untuk membedakan dengan isolator panas. Sebaliknya, apabila ikatan elektron pada atom sangat lemah sehingga mudah dilepaskan, maka benda tersebut dapat menghantarkan atau mengalirkan muatan listrik. Benda ini disebut konduktor listrik.

Walaupun ikatan elektron pada atom bahan isolator listrik sangat kuat, elektron-elektron tersebut dapat dipindahkan atau dilepaskan dari ikatan atom dengan cara menggosok. Pada saat kain wol dan mistar plastik (isolator listrik) digosok, elektron-elektron pada kain wol berpindah ke mistar plastik yang elektron-elektronnya tidak bebas bergerak. Elektron dari kain wol tetap berada pada mistar plastik sehingga mistar plastik kelebihan elektron dan bermuatan listrik negatif.

Pada bahan konduktor listrikpun kita dapat memberi muatan listrik dengan cara menggosok. Hal tersebut dapat dilakukan jika ada bahan isolator  yang bertindak sebagai tangkai pada bahan konduktor. Tangkai berbahan isolator itu sebagai pegangan tangan kita.

Pada saat kita menggosok bahan konduktor dengan cara memegangnya langsung dengan tangan, elektron-elektron pada bahan konduktor yang berpindah ke alat gosok digantikan oleh elektron-elektron yang berasal dari bumi atau tanah melalui tangan menuju bahan konduktor sehingga bahan konduktor tidak bermuatan listrik atau tetap netral.

Jadi, dapat disimpulkan listrik statis dihasilkan oleh bahan-bahan isolator listrik karena muatan tersebut diam dan tidak pindah ke mana-mana sampai ikatan elektronnya melemah dan kembali ke asalnya. Berbeda dengan bahan konduktor listrik, muatan yang dihasilkan langsung mengalir ke potensial listrik yang rendah, dalam hal ini bumi.

Ada  yang berpendapat berbeda? Silakan dikomentari.

Kategori:Fisika, Fisika SMA
  1. tifa
    13 Maret 2012 pukul 19:18

    apa nama kedudukan listrik itu?

  2. masdiisya
    15 Maret 2012 pukul 09:45

    maaf, gak jelas pertanyaannya?😦

  3. 10 Agustus 2012 pukul 14:27

    apa itu listrik statis ???

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: